Pimp my bicycle: Menyulap sepeda lama menjadi tampak baru


Bosan dengan sepeda lama tapi tidak ingin mengeluarkan biaya ekstra untuk beli baru? Jangan khawatir dengan biaya hanya puluhan ribu rupiah kita bisa menyulap sepeda lama dengan tampilan yang baru. Berikut ini saya bagi cerita tentang cara make over sepeda lama dengan cara yang simpel dan biaya yang relatif murah.
Sabtu lalu papahnya anak-anak pergi ke toko reparasi sepeda untuk memperbaiki sepeda anak bungsu saya Thariq yang copot rantainya. Tapi bukannya diperbaiki si Papah malah bawa sepeda lain yang lebih besar ukurannya. Ternyata jadinya sepeda Thariq ditukar tambah dengan sepeda bekas  yang lebih besar itu, karena memang sepeda lamanya sudah terlalu kecil. Masalahnya adalah “PINK”, yup senasib sama Kakanya yang beberapa waktu sebelumnya beli sepeda bekas di online shop,  sepeda ‘baru’nya Thariq warnanya juga pink. Thariq senang sambil manyun hihi..

sepedaku baru, tapi pink.. hiks 

Akhirnya kita sepakat untuk make over sepedanya seperti sepeda kakanya yang lebih dulu di make over. Untuk sepeda Thariq kali ini kita kasih tema MotoGp Marc Marques. Ok here we go..

Alat dan bahan
Alat-alat yang diperlukan adalah kunci pas, palu, kunci inggris, kunci L, ampelas dan tang,
Untuk bahan cat kami memakai cat semprot, clear agar mengkilap (optional) dan stiker.


berbagai kunci pas, cat semprot dan ampelas






stiker


Proses make over
Bongkar sepeda. Proses pertama adalah dengan membongkar body sepeda dengan menggunakan alat yang sudah disiapkan, sesuai dengan ukuran baut sepeda. Pembongkaran body sepeda ini akan memudahkan proses pengecatan terutama jika kita mengaplikasikan beberapa warna cat. Urutan melepas body sepeda adalah rem, ban, sadel, stang dan terarkhir pedal. Setelah dibongkar selanjutnya lepaskan semua stiker yang menempel di sepeda, adanya stiker yang masih menempel ketika dicat akan membuat warna cat menjadi tidak merata. Pisahkan bagian sepeda yang akan dicat dengan yang tidak dicat dan kumpulkan semua baut dan bagian sepeda yang kecil-kecil agar tidak hilang.







Ampelas, cuci dan keringkan. setelah semua stiker dilepaskan, bersihkan sepeda dari semua kotoran yang menempel lalu ampelas seluruh bagian sepeda yang akan dicat termasuk bagian yang berkarat agar permukaannya menjadi halus. Setelah di ampelas, cuci bagian sepeda yang akan dicat lalu keringkan.
body sepeda yang sudah diampelas dan digantung siap untuk dicat



Pengecatan. Untuk mengecat sepeda kami menggunakan cat semprot karena lebih mudah diaplikasikan, hasil yang merata dan lebih cepat mengering dibandingkan menggunakan kuas. Posisikan bagian yang akan dicat agar mudah disemprot, posisi digantung merupakan posisi yang paling leluasa agar semua bagian sepeda mudah untuk disemprot tanpa harus menggeser geser body sepeda. Sebelum diaplikasikan, kocok terlebih dahulu cat sampai merata kurang lebih selama 30 detik. Aplikasikan cat dengan jarak antara 15-30 cm dari body sepeda. Lakukan minimal 2 kali tahap pengecatan agar hasilnya cat lebih merata, setelah pengecatan pertama diamkan 5-10 menit sampai lapisan pertama cukup kering lalu aplikasikan pengecatan lapisan yang kedua. Pengecatan dengan beberapa lapisan yang tipis hasilnya akan lebih baik dibandingkan dengan pengecatan yang langsung tebal.
Jika ingin mengalikasikan beberapa warna cat, tutuplah bagian yang tidak cat dengan menggunakan isolasi kertas.

Body sepeda yang sudah dicat

Pasang body dan tempel stiker
Setelah seluruh bagian yang dicat kering, pasang kembali body sepeda. Setelah dipasang semua, aplikasikan clear agar warna cat mengkilap, lalu pasang stiker sepeda satu demi satu untuk mempercantik tampilan sepeda, dan voila! brand new Marc93..

Thariq memilih stiker yang akan dipasang di sepeda

Pemasangan stiker


before and after


sepedaku ga pink lagi, yes!

Beberapa tips untuk make over sepeda
Untuk memperbarui tampilan sepeda ada baiknya kita memiliki kunci yang lengkap berbagai ukuran untuk membuka bagian sepeda, hal ini untuk menghindari baut yang rusak saat melepas bagian sepeda. Gunakan masker ketika mengecat dan lakukan pengecatan ditempat yang cukup terang tapi tidak terpapar cahaya matahari langsung dan tidak terpapar hembusan angin yang terlalu kuat agar cat tidak berhamburan ketika diaplikasikan.

Untuk make over sepeda thariq total biaya yang digunakan adalah Rp 70.000 untuk pembelian cat,clear dan stiker. Clear masih tersisa cukup banyak jadi masih bisa digunakan untuk beberapa kali make over. Tidak mahal kan? dan mudah untuk dilakukan. Dengan biaya yang cukup murah sepeda kita bisa tampil lebih menarik. 

Sepeda Kakak Naoki yang lebih dulu di make over ala VR46

Selain senang karena sepedanya jadi baru, anak-anak sangat senang dan begitu bersemangat melihat papahnya ngutak ngatik sepeda, saking bersemangatnya bahkan malah jadi ngerusuhi papahnya hehe. Yang terpenting lagi bagi kami sebagai orang tua, sedini mungkin kami ingin mengajarkan anak-anak tentang berbagai keahlian hidup (life skill) yang bisa bermanfaat ketika mereka besar nanti, memperbaiki  dan merawat sepeda adalah diantaranya. Dari hal yang tampak sederhana dan mungkin biasanya saja, saya yakin banyak pelajaran yang bisa anak-anak dapatkan. mereka belajar untuk berkreasi menghasilkan sesuatu yang baru, dan belajar untuk menahan diri, bahwa tidak perlu semua harus beli baru, kita tidak hanya menjadi konsumtif tapi juga bisa produktif menghasilkan karya
dan tentunya bisa berhemat hehe..

Selamat Mencoba!



Comments

Post a Comment