The Suspect (2013), Adrenaline rush Jason Bourne ala Korea


Sudah lama banget kayaknya ga bikin review film, tadi malam saat semua sudah terlelap dan internet kenceng jadilah liat film nya Oppa Gong Yoo. uhuks (dia lagi dia lagi) 😍😂

Kali ini saya mau review film action Korea The Suspect (2013), film lama makk, yes saya aja yang telat nonton.

The Suspect berkisah tentang Ji Dong-chul (Gong Yoo) mantan mata-mata Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan untuk mencari pembunuh istri dan anaknya. Situasi menjadi rumit karena Dong Chul terjebak dalam sebuah pembunuhan seorang pengusaha berpengaruh di Korea. Dia kemudian diburu sebagai tersangka pembunuhan dan disaat yang sama Dong Chul memburu pembunuh keluarganya.

Awal menonton saya ga terlalu berharap banyak, 15 menit diawal masih berusaha menangkap alur ceritanya dulu. Sempat agak bingung  saat ada adegan 2 reporter yang meminta Dong Chul untuk diwawancara. 15 menit selanjutnya thrill nya mulai terasa dan puzzle dari ceritanya mulai terungkap. Suasana adrenaline rush serial Jason Bourne terasa banget saat mulai adegan pengejaran Dong Chul,  dan walau latar belakang cerita yang beda, secara garis besar temanya sama yaitu tentang mantan mata-mata desertir melawan kebobrokan lembaga intelijen negara.

Wah jadi ga asik dong kalau mirip?
Eits justru disini suprisenya, directing, sinematografi dan fight scenenya oke banget, selevel dengan film action hollywood, yang saya suka terutama aksi kejar-kejaran mobilnya. Gong Yoo disini tampil beda dengan sosok manis Kim Shin, di film ini dia tampil garang, sadis, dingin (but still charming siii :P) plus lebih macho.. alah kelepasan :P

Beberapa review menyebut film ini juga mirip sama serial Taken, bisa jadi dari gaya fight scenenya sepertinya, sama-sama banyak dipengaruhi oleh Russian martial art systema.

Perang Korea
The Suspect merupakan salah satu film yang berlatar perang dan konflik semenanjung Korea. Pertama kali nonton film tentang perang Korea itu dari Taegukgi (2004), jaman Won Bin masih hits :D.

Konflik semenanjung Korea ini salah satu konflik yang bertahan lama dan bagi saya membingungkan, masih satu ras, satu kebudayaan, satu bangsa kok ya bisa, awet panas dan ga bisa menemukan titik temu. Konflik warisan perang dingin saat Amerika dan Soviet secara sepihak membagi wilayah Korea menjadi 2 bagian (utara dan selatan) sebagai bagi hasil harta rampasan perang dari Jepang  yang kemudian memicu perang sipil atara rakyat Korea. Perang dingin telah berakhir, Soviet pun sudah bubar, namun 65 tahun semenjak perang Korea berakhir (1953), konflik Korea Utara dan Selatan masih saja terjadi. Amerika sama Soviet yang berantem,  rakyat Korea yang kena imbasnya, huft.

Mudah-mudahan pertemuan Trump dan Kim Jong Un beberapa waktu lalu bisa membawa angin segar untuk kedamaian di semenanjung Korea ya.

Ok, balik ke film, The Suspect banyak menerima komentar positif dari pengamat film,

The Los Angeles Times  the film's "inspired and teeth-grittingly determined" set pieces.
The Washington Post t the film "should entertain any action buff,"
Screen Daily, : "the style of the action scenes is so explosive and immersive that the movie even threatens the reputation of the 007 series." 
The New York Times,the "guns-or-butter dichotomy" is "more resonant than you'd expect.”
Dari The Suspect Gong Yoo dianugerahi Top Excellence Award, Actor in a Film di 22nd Korea Culture and Entertainment Awards.
Kesimpulannya? Must wacth..
Buat teman-teman yang suka film action terutama film-film bertema mata-mata, film ini recommended banget

Bagi yang ingin nonton (streaming) atau donlot bisa klik link dibawah yah.

Comments